Misal kita menentukan ingin berbisnis di industri makanan.
Segmen industri makanan yang kita pilih adalah bidang industri restoran/tempat makan.
Pasar yang kita pilih misalkan segmen mahasiswa.
Lokasi yang ingin kita garap adalah mahasiswa yang berada di Jatinangor, disana ada beberapa universitas, antara lain: UNPAD, IPDN, IKOPIN, dan ITB.
Gambaran industri restoran yang berada disana adalah sebagai berikut:
Andaikan jumlah seluruh mahasiswa yang berada disana adalah 80.000.
Tiap mahasiswa makan 2 kali sehari, dan setiap kali makan mereka menghabiskan Rp.10.000,-
Jadi setiap hari gambaran perputaran uang dibisnis kuliner di Jatinangor adalah:
= 80.000 x 2 x Rp.10.000,-
= Rp.1.6 Milyar per hari
= Rp.48 Milyar per bulan (WOW bukan?) Misalkan mahasiwanya makannya 3 kali sehari, sekali makan Rp.15.000,- atau Rp.20.000,-, silahkan hitung sendiri besarnya pasar kuliner disana :)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Misalkan kita menentukan tempat makan yang akan kita buat mempunyai Value Proposition sebagai berikut: "Resto Murah, Enak, dilokasi Strategis, ada layanan Delivery, untuk mahasiswa Jatinangor"
Gambaran Business Modelnya adalah sebagai berikut:
Segmen industri makanan yang kita pilih adalah bidang industri restoran/tempat makan.
Pasar yang kita pilih misalkan segmen mahasiswa.
Lokasi yang ingin kita garap adalah mahasiswa yang berada di Jatinangor, disana ada beberapa universitas, antara lain: UNPAD, IPDN, IKOPIN, dan ITB.
Gambaran industri restoran yang berada disana adalah sebagai berikut:
Andaikan jumlah seluruh mahasiswa yang berada disana adalah 80.000.
Tiap mahasiswa makan 2 kali sehari, dan setiap kali makan mereka menghabiskan Rp.10.000,-
Jadi setiap hari gambaran perputaran uang dibisnis kuliner di Jatinangor adalah:
= 80.000 x 2 x Rp.10.000,-
= Rp.1.6 Milyar per hari
= Rp.48 Milyar per bulan (WOW bukan?) Misalkan mahasiwanya makannya 3 kali sehari, sekali makan Rp.15.000,- atau Rp.20.000,-, silahkan hitung sendiri besarnya pasar kuliner disana :)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Misalkan kita menentukan tempat makan yang akan kita buat mempunyai Value Proposition sebagai berikut: "Resto Murah, Enak, dilokasi Strategis, ada layanan Delivery, untuk mahasiswa Jatinangor"
Gambaran Business Modelnya adalah sebagai berikut:
No comments:
Post a Comment